Tepat setelah 10 minggu di tahun pelajaran 2020/2021, SMPN 1 Surian melaksanakan penilaian tengah semester (PTS). Biasanya PTS dilaksanakan secara tatap muka di kelas pada jam pelajaran, akan tetapi saat ini di tengah-tengah pandemic Covid-19 pelaksanaan PTS dilakukan dengan cara yang berbeda.
Seminggu sebelum PTS, sekolah melakukan diskusi panjang
lebar pada whatsapp grup. Hal yang menjadi topik pembicaraannya berkisar
tentang cara pelaksanaan PTS. Dari hasil diskusi ada dua usulan yaitu PTS online
atau offline. Untuk mengambil keputusan yang berpihak pada siswa, kami bersama-sama
merefleksi pembelajaran selama BDR ini. Ternyata selama ini,banyak siswa yang
tidak hadir selama BDR via online whatsapp. Akan tetapi saat dikunjungi
rumahnya, mereka selalu hadir. Meskipun harus di jemput. Sehingga keputusan
untuk pelaksanaan PTS dilaksanakan dengan cara Offline atau paper based test.
Penilaian Tengah Semester untuk mengukur hasil belajar siswa selama BDR. Kami tidak menuntut pencapaian kurikulum, sesampainya saja. Guru mulai menyusun kisi-kisi, lembar soal dan kunci jawabannya. Rata-rata soal yang akan ditest kan hanya satu lembar saja, ada yang berbentuk pilihan ganda, uraian dan menjodohkan. Setelah itu, di koordinir oleh wakasek bidang kurikulum, untuk penggandaannya. Satu hari sebelum PTS, guru-guru dan staff tata usaha melaksanakan briefing untuk mengemas soal. Karena soal yang akan dikirim ke tiap kelompok siswa, jumlahnya banyak. Maka memakan waktu juga yaah, sehingga mengirimkan ke kelompok belajar dapat dilaksanakan pada jam 11.00 dengan mengikuti anjuran WHO yaitu social distancing dan physical distancing, juga pakai masker dan cuci pakai sabun. Siswa mengerjakan jawaban PTS di kertas buku satu lembar yang di sobekan. Meskipun dengan keadaan seperti ini, ada saja siswa yang belum mengerjakan. Sampai-sampai di cari ke rumahnya, ke rumah temannya. Wal hasil tidak ketemu anaknya.
Akhirnya pada saat pertemuan di kelompok sudah selesai, muncul lah siswa X dan mau mengerjakan jawaban PTS bagi pelajaran yang belum dikerjakan. Semua lembar jawaban siswa di kelompokkan berdasarkan kelas dan mata pelajaran untuk diperiksa guru. Dari PTS ini akan diketahui, apakah sama hasilnya dengan tatap muka, atau lebih bagus, atau lebih jelek. Sedangkan PTS ini sifatnya bisa buka buku dan semua sumber belajar yang siswa miliki.
Comments
Post a Comment