Skip to main content

Naskah Siaran Belajar Bareng di Radio eRKS FM

 BISMILAHIROHMANIROHIIM

ASSALAMUALAIKUM WR WB

HALLO APA KABAR SAHABAT IPA SEMUANYA SISWA/SISWI KELAS 9 DIMANA PUN BERADA?

SENANG SEKALI PADA SORE INI, BAPAK DAPAT MENEMANI KALIAN BELAJAR BERSAMA DI RADIO ERKS 106,1 FM INSPIRASI SUMEDANG.

SEBELUM AKTIVITAS BELAJAR BERSAMA DIMULAI TERLEBIH DAHULU MARILAH KITA BERDOA SEMOGA KEGIATAN INI MENJADI SESUATU YANG BERNILAI MANFAAT. SENANG SEKALI MENGETAHUI KALIAN TETAP BERSEMANGAT MELAKUKAN PROSES BELAJAR. SELALU BERSYUKUR KEPADA TUHAN ATAS SEGALA NIKMAT YANG DIBERIKAN. JAGALAH KESEHATAN MENGINGAT SAAT INI CORONAVIRUS SEDANG MEWABAH. LAKUKANLAH PERLINDUNGAN DIRI DENGAN CARA RAJIN MENCUCI TANGAN MEMAKAI SABUN DAN MENGENAKAN MASKER KESEHATAN.


 


PANTUN

 

PERGI KE PASAR MEMBELI DURIAN

MEMBELI DURIAN BERSAMA SI CONA

TETAP DIRUMAH DAN JAGA KEBERSIHAN

AGAR TERHINDAR VIRUS CORONA

 

MAKAN SIANG SEDERHANA SAJA

CUMA NASI PADANG DAN MINUMNYA ES

BELAJAR ITU BISA DIMANA SAJA

SALAH SATUNYA DI RADIO ERKS

 

PERKENALKAN, NAMA BAPAK SURYAN NULOH SEBAGAI GURU IPA SMP NEGERI 1 SURIAN DI UJUNG BARAT KABUPATEN SUMEDANG YANG BERBATASAN DENGAN KAB. SUBANG DAN INDRAMAYU. YANG MEMILKI VISI SMPN 1 SURIAN SUPER (SANTUN, UNGGUL, PEDULI DAN RELIGIUS).

 

PADA KESEMPATAN KALI INI, KITA AKAN BELAJAR BERSAMA PADA MATA PELAJARAN IPA DENGAN MATERI INDUKSI ELEKTROMAGNETIK

KOMPETENSI DASARNYA NO 3.6 YAITU MENERAPKAN KONSEP KEMAGNETAN, INDUKSI ELEKTROMAGNETIK, DAN PEMANFAATAN MEDAN MAGNET DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI.

 

ADAPUN TUJUAN BELAJAR BERSAMA KALI INI YANG INGIN DICAPAI YAITU:

SETELAH MENDENGARKAN RADIO ERKS FM DIHARAPKAN,                                               1. SISWA DAPAT MEMAHAMI KONSEP INDUKSI ELEKTROMAGNETIK                           2. SISWA DAPAT MENGIDENTIFIKASI FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI BESAR GAYA GERAK LISTRIK YANG DIHASILKAN PADA INDUKSI EM                                              3. SISWA DAPAT MENJELASKAN ALAT-ALAT YANG MENGGUNAKAN PRINSIP KERJA INDUKSI ELEKTROMAGNETIK

 MUDAH-MUDAHAN DALAM PROGRAM BABE INI SELAMA SATU JAM, TUJUAN DI ATAS DAPAT TERCAPAI.

SILAHKAN SEBELUM DI MULAI MATERINYA SAHABAT IPA SEMUANYA DAPAT MENYIAPKAN BUKU CATATAN

 BAIKLAH KITA MULAI,

SAHABAT IPA KELAS 9 SEMUANYA, PADA MATERI SEBELUMNYA KALIAN SUDAH BELAJAR MENGENAI BIOMAGNETIK PADA BEBERAPA HEWAN SEHINGGA DAPAT BERMIGRASI SEPERTI PADA IKAN SALMON, BURUNG ELANG, PENYU DAN SEBAGAINYA. KEMUDIAN MENGENAI KONSEP KEMAGNETAN, BAGAIMANA CARA MEMBUAT MAGNET, SIFAT-SIFAT MAGNET SAMPAI PADA MEDAN MAGNET. TENTUNYA KALIAN SUDAH MEMAHAMI KONSEP KEMAGNETAN TERSEBUT YAAA.

NAAAH SEKARANG CERITANYA BERAWAL DARI SEORANG PELAUT YANG TENGAH BERLAYAR DILAUTAN LEPAS, MENYADARI BAHWA SAAT TERJADI FENOMENA PETIR JARUM KOMPASNYA MENJADI MENYIMPANG/BERGERAK. FENOMENA INI MENJADI PEMIKIRAN KRITIS OLEH HANS CHRISTIAN OERSTED SEORANG ILMUWAN DENMARK, PADA TAHUN 1820 MENEMUKAN BAHWA ARUS LISTRIK YANG DILEWATKAN/DIALIRKAN PADA KAWAT KONDUKTOR DAPAT MEMBELOKKAN JARUM KOMPAS YANG DIDEKATKAN PADANYA. JADI PERCOBAAN OERSTED MENUNJUKKAN BAHWA ARUS LISTRIK MENGHASILKAN MEDAN MAGNET.

NAAAH SETELAH PENEMUAN FENOMENAL TERSEBUT PARA ILMUWAN KEMUDIAN MULAI BERTANYA-TANYA ; PERTANYAANNYA SEPERTI INI

JIKA ARUS LISTRIK DAPAT MENGHASILKAN MEDAN MAGNET, APAKAH MEDAN MAGNET JUGA DAPAT MENGHASILKAN ARUS LISTRIK?

BERAWAL DARI PERTANYAAN TERSEBUT, SEPULUH TAHUN KEMUDIAN YAITU 1830 SEORANG ILMUWAN BERKEBANGSAAN AMERIKA JOSEPH HENRY DAN ILMUWAN BERKEBANGSAAN INGGRIS MICHAEL FARADAY, SECARA TERPISAH MASING-MASING MENEMUKAN JAWABANNYA BAHWA MEDAN MAGNET PUN DAPAT MENGHASILKAN ARUS LISTRIK. BERDASARKAN LITERATUR YANG ADA DALAM HAL INI SEBENARNYA HENRY LAH YANG MENEMUKANNYA PERTAMA KALI. AKAN TETAPI MICHAEL FARADAY YANG LEBIH DAHULU MEMPUBLIKASIKAN HASIL TEMUANNYA DAN MENELITI HAL TERSEBUT  LEBIH MENDALAM. SEHINGGA HASIL TEMUANNYA DAPAT MENGUBAH DUNIA.

 

 BAGAIMANA FARADAY MELAKUKAN PENELITIANNYA?

KALAU TATAP MUKA DI LAB, PERCOBAAN INI SERU SEKALI. ALAT-ALAT YANG DIGUNAKAN NYA KUMPARAN 500 LILITAN DAN 1000 LILITAN, MAGNET BATANG, KABEL DAN GALVANOMNETER.

SEKARANG AGAR MEMUDAHKAN SAHABAT IPA KELAS 9 SEMUANYA UNTUK MELKAUKAN PERCOBAAN DI RUMAH, PERCOBAANNYA MENGGUNAKAN ANIMASI SAJA.

SILAHKAN KETIKKAN DI HP ALAMAT WEB BERIKUT INI


https://phet.colorado.edu/en/simulation/faradays-law

 

KEMUDIAN PILIH PHYSIC, LALU PILIH FARADAY LAW

GIMANA SUDAH BISA KE BUKA ANIMASINYA.

DI ANIMASI TERSEBUT ADA MAGNET BATANG, KUMPARAN, ADA LAMPU, ADA VOLTMETER

 

BAGAIMANA CARA MENGGUNAKANNYA?

1.       SILAHKAN GERAKKAN MAGNET MENDEKATI KUMPARAN/LILITAN KAWAT, APA YANG TERJADI DENGAN LAMPU?

             LAMPU MENYALA KECIL SEKALI DAN PADAM

2.       KEMUDIAN GERAKKAN MAGNET MASUK-KELUAR KUMPARAN DARI MULAI PELAN-PELAN SAMPAI CEPAT, APA YANG TERJADI DENGAN LAMPU?

             LAMPU MENYALA TERANG

3.     KEMUDIAN DIAMKAN MAGNET DITENGAH KUMPARAN, APA YANG TERJADI DENGAN LAMPU? PADAM

4.       SEKARANG PILIH YANG DUA KUMPARAN, LALU MAGNET GERAKKAN KELUAR MASUK KUMPARAN? BANDINGKAN KEADAAN LAMPU DENGAN MAGNET DI GERAKKAN PADA KUMPARAN PERTAMA. APA BEDANYA?

5.       SEKARANG PILIH FIELD LINES (GARIS MEDAN MAGNET) DAN VOLTMETER, LALU GERAKKAN SEPERTI PADA PETUNJUK DI ATAS.

 

COBA TULISKAN DI BUKU CATATAN HASIL PERCOBAANNYA!

 

MARI KITA BAHAS HASIL PERCOBAANYA.

 

JADI FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI INDUKSI EM YAITU, KECEPATAN GERAK MAGNET, MEDAN MAGNET DAN JUMLAH LILITAN KUMPARAN.

SEMAKIN CEPAT GERAKKAN MAGNETNYA NYALA LAMPU SEMAKIN TERANG,

SEMAKIN BESAR/BANYAK JUMLAH LILITAN KUMPARAN, NYALA LAMPU SEMAKIN TERANG

DAN SEMAKIN BESAR KEKUATAN MEDAN MAGNETNYA, MAKA NYALA LMPU AKAN SEMAKIN TERANG.

PERUBAHAN MEDAN MAGNET DAPAT MENGHASILKAN ARUS LISTRIK. ARUS LISTRIK YANG SEPERTI INI DINAMAKAN ARUS INDUKSI. MEDAN MAGNET YANG BERUBAH MENGINDUKSI GAYA GERAK LISTRIK, HAL INI TERLIHAT PADA JARUM VOLTMETER.

 

SETELAH SAHABAT IPA KELAS 9 MEMAHAMI INDUKSI ELEKTROMAGNETIK,

SEKARANG MARI KITA MENGETAHUI ALAT-ALAT YANG MENGGUNAKAN PRINSIP KERJA ELEKTOMAGNETIK.

1.       GENERATOR

GENERATOR ADALAH ALAT YANG DIGUNAKAN UNTUK MENGUBAH ENERGI GERAK (KINETIK) MENJADI ENERGI LISTRIK. ENERGI GERAK YANG DIMILIKI GENERATOR DAPAT DIPEROLEH DARI BERBAGAI SUMBER ENERGI ALTERNATIF, MISALNYA DARI ENERGI ANGIN, ENERGI AIR, DAN SEBAGAINYA. GENERATOR DIBEDAKAN MENJADI GENERATOR AC (ALTERNATING CURRENT) DAN GENERATOR DC (DIRECT CURRENT). GENERATOR AC ATAU ALTERNATOR DAPAT MENGHASILKAN ARUS LISTRIK BOLAK-BALIK DENGAN CARA MENGGUNAKAN CINCIN GANDA, SEDANGKAN GENERATOR DC DAPAT MENGHASILKAN ARUS LISTRIK SEARAH DENGAN CARA MENGGUNAKAN KOMUTATOR (CINCIN BELAH).

2.       DINAMO

DINAMO ADALAH GENERATOR YANG RELATIF KECIL SEPERTI YANG DIGUNAKAN PADA SEPEDA. MENGAPA LAMPU SEPEDA KAYUH DAPAT MENYALA MESKIPUN TIDAK DIBERI BATERAI? MENGAPA NYALA LAMPU AKAN SEMAKIN TERANG APABILA KITA MENGAYUH PEDAL SEPEDA DENGAN LEBIH CEPAT? TERNYATA PADA SEPEDA TERDAPAT DINAMO YANG BERFUNGSI SEBAGAI SUMBER ENERGI LISTRIK UNTUK MENYALAKAN LAMPU. DINAMO ADALAH ALAT YANG BERFUNGSI UNTUK MENGUBAH ENERGI GERAK MENJADI LISTRIK.

CARA KERJA DINAMO DAN GENERATOR HAMPIR SAMA, TERMASUK PENGGUNAAN SATU CINCIN YANG DIBELAH MENJADI DUA (KOMUTATOR) PADA DINAMO DC DAN CINCIN GANDA PADA DINAMO AC. PERBEDAAN DINAMO DENGAN GENERATOR TERLETAK PADA DUA KOMPONEN UTAMA DINAMO, YAITU ROTOR (BAGIAN YANG BERGERAK) DAN

STATOR (BAGIAN YANG DIAM). SAAT SEPEDA DIKAYUH DENGAN CEPAT, KUMPARAN PADA DINAMO AKAN BERGERAK CEPAT SEHINGGA GAYA GERAK LISTRIK (GGL) INDUKSI YANG DIHASILKAN MENJADI LEBIH KUAT DAN ENERGI LISTRIK YANG DIHASILKAN MENJADI LEBIH BANYAK. SELAIN DENGAN MEMPERCEPAT PUTARAN KUMPARAN, PENGGUNAAN MAGNET YANG KUAT, MEMPERBANYAK JUMLAH LILITAN, DAN PENGGUNAAN INTI BESI LUNAK DALAM DINAMO JUGA DAPAT MENGAKIBATKAN GGL INDUKSI YANG DIHASILKAN MENJADI LEBIH KUAT

3.       TRANSFORMATOR

MASIH INGATKAH KAMU BAHWA SEBELUM DIALIRKAN KE RUMAH-RUMAH PENDUDUK, TEGANGAN LISTRIK DARI PLN HARUS DITURUNKAN? BAGAIMANA CARA MENURUNKAN ATAU MENAIKKAN TEGANGAN LISTRIK? SALAH SATU CARANYA ADALAH DENGAN MENGGUNAKAN TRANSFORMATOR.

BERDASARKAN PENGGUNAANNYA, TRANSFORMATOR DIBAGI MENJADI DUA JENIS, YAITU TRANSFORMATOR STEP-DOWN DAN TRANSFORMATOR STEP-UP. TRANSFORMATOR STEP-DOWN BERFUNGSI UNTUK MENURUNKAN TEGANGAN LISTRIK, SEDANGKAN TRANSFORMATOR STEP-UP BERFUNGSI UNTUK MENAIKKAN TEGANGAN LISTRIK.

TRANSFORMATOR PADA DASARNYA TERDIRI ATAS LILITAN PRIMER DAN LILITAN SEKUNDER YANG DIHUBUNGKAN DENGAN MENGGUNAKAN INTI BESI. LILITAN PRIMER YANG MENDAPAT TEGANGAN AC AKAN MENGINDUKSI LILITAN SEKUNDER. PERUBAHAN ARAH ARUS AC MEMBUAT MEDAN MAGNET YANG TERBENTUK BERUBAH-UBAH, SEHINGGA MENGHASILKAN TEGANGAN AC PADA UJUNG-UJUNG KUMPARAN SEKUNDER. INTI BESI DIGUNAKAN DENGAN TUJUAN UNTUK MEMPERKUAT MEDAN MAGNET YANG DIHASILKAN.

 

PENUTUP

SEKIAN BELAJAR BARENG UNTUK MATA PELAJARAN IPA, ADAPUN YANG MENJADI KESIMPULANNYA ADALAH. PERUBAHAN MEDAN MAGNET DAPAT MENGHASILKAN ARUS LISTRIK INDUKSI,

FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI BESAR GGL YANG DIHASILKAN PADA INDUKSI EM YAITU, KECEPATAN GERAK RELATIF MAGNET, JUMLAH LILITAN, BESAR MEDAN MAGNET.

ALAT-ALAT YANG MENGGUNAKAN PRINSIL EM, YAITU DINAMO, GENERATOR DAN TRANSFORMATOR

 

SEKIAN WASSLAMULAIKUM WR WB CAAG AHH

Comments

Popular posts from this blog

Cerpen Sains : Syauqi Yang Demam (bagian 2/Tamat)

“Jadi kalau skalanya celcius bisa diubah ke skala fahrenheit, ya kak?” tanya Uki. “Yups, betul sekali” jawab Elfi. “Contohnya bila di termometer berskala celcius didapatkan suhu 30 0 C, maka kalau diubah kedalam reamur adalah 24 0 R” kata Elfi.

MEMANFAATKAN LABORATORIUM MAYA SAAT BELAJAR DARI RUMAH UNTUK MELATIH KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA

  MEMANFAATKAN LABORATORIUM MAYA SAAT BELAJAR DARI RUMAH UNTUK MELATIH KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA           Pada tahun 2020 wabah Covid-19 mengguncang negara Tiongkok tepatnya di Provinsi Wuhan dan tidak lama kemudian  wabah Covid-19 telah menyebar ke berbagai negara. Dampak dari menyebarnya pandemik Covid-19 ini mengganggu berbagai macam aspek kehidupan, salah satunya adalah pendidikan. Begitupun di Indonesia, pemerintah mengumumkan pada awal bulan maret tahun 2020 telah terkonfirmasi positif menderita covid-19. Adanya pasien yang terkonfirmasi positif membuat pemerintah membentuk satuan tugas Covid-19 yang fungsinya untuk menangani pandemic Covid-19 dengan cepat sesuai dengan standar yang dikeluarkan oleh World He a lth Organization (2019) untuk memutus rantai penyebaran Covid-19 adalah social distancing dan physical distancing . Kemudian pada bulan maret 2020 pemerintah Indonesia mengeluarkan kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB)...

Mengenal Virus Corona dan Pencegahannya

Inilah bentuk penampakkanku  Aku merupakan keluarga besar virus yang menyebabkan penyakit infeksi saluran pernapasan, mulai flu biasa sampai penyakit yang serus seperti SARS dan MERS.