Skip to main content

Skenario Penerapan Segitiga Restitusi : Murid Tidak Pakai Sepatu

Setiap hari kamis Pak Suryan mengajar IPA di kelas 7A, saat di dalam kelas, ternyata Sansan tidak memakai sepatu. Sansan malah memakai sandal Japit. Hal ini tentunya melanggar peraturan sekolah dan kesepakatan kelas. Kemudian setelah pelajaran selesai, Sansan dipanggil Pak Suryan ke ruanggannya, untuk menanamkan disiplin positif. Pak Suryan menggunakan segitiga restitusi. Sehingga Sansan menyadari telah melanggar peraturan sekolah dan akan memperbaikinya. Percakapan yang terjadi antara pak Suryan dan Sansan sebagai berikut :

Pak Suryan      : Silahkan masuk Sansan dan duduk yang tenang

Sansan             : siap pak

Pak Suryan      : Tadi saat di kelas, bapak lihat Sansan tidak memakai sepatu, Kenapa alasannya?

Sansan             : karena basah kehujanan Pak

Pak Suryan      : Oh, iya betul. Kemarin itu habis hujan. Jadi sepatu Sansan kehujan dan basah yaa.

                          Apakah Sansan tahu, bahwa ke sekolah itu harus pakai sepatu?

Sansan             : tahu Pak

Pak Suryan      : Yaa bagus, kalau tahu. Peraturan di sekolah kitu itu, kalau ke sekolah harus pakai    sepatu

                        Nahh, sekarang bagaimana, supaya sepatu Sansan dapat dipakai lagi ke sekolah? Apa usahamu San?

Sansan             : saya akan mengeringkan sepatunya, Pak

Pak Suryan      : bagaimana caranya?

Sansan             : mengeringkannya di sekolah Pak

Pak Suryan      : Ohh, jadi yang basahnya di bawa ke sekolah, lalu dijemur yaa.

Pak Suryan      : Boleh seperti itu, tetapi ketika Sansan di sekolah. Agar teman Sansan tidak melihat bahwa Sansan pakai sandal, maka Sansan harus diam di kelas. Kalau mau jajan silahkan titip ke temannya

Pak Suryan      : Ok, bapak hargai usaha Sansan untuk memperbaiki kesalahannya.

Sansan             : iyaa pak

Pak Suryan      : Silahkan sekarang Sansan, masuk lagi ke kelas.

Sansan             : terimakasih Pak.

 

 

Simak videonya berikut ini :

 


Comments

Popular posts from this blog

Cerpen Sains : Syauqi Yang Demam (bagian 2/Tamat)

“Jadi kalau skalanya celcius bisa diubah ke skala fahrenheit, ya kak?” tanya Uki. “Yups, betul sekali” jawab Elfi. “Contohnya bila di termometer berskala celcius didapatkan suhu 30 0 C, maka kalau diubah kedalam reamur adalah 24 0 R” kata Elfi.

MEMANFAATKAN LABORATORIUM MAYA SAAT BELAJAR DARI RUMAH UNTUK MELATIH KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA

  MEMANFAATKAN LABORATORIUM MAYA SAAT BELAJAR DARI RUMAH UNTUK MELATIH KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA           Pada tahun 2020 wabah Covid-19 mengguncang negara Tiongkok tepatnya di Provinsi Wuhan dan tidak lama kemudian  wabah Covid-19 telah menyebar ke berbagai negara. Dampak dari menyebarnya pandemik Covid-19 ini mengganggu berbagai macam aspek kehidupan, salah satunya adalah pendidikan. Begitupun di Indonesia, pemerintah mengumumkan pada awal bulan maret tahun 2020 telah terkonfirmasi positif menderita covid-19. Adanya pasien yang terkonfirmasi positif membuat pemerintah membentuk satuan tugas Covid-19 yang fungsinya untuk menangani pandemic Covid-19 dengan cepat sesuai dengan standar yang dikeluarkan oleh World He a lth Organization (2019) untuk memutus rantai penyebaran Covid-19 adalah social distancing dan physical distancing . Kemudian pada bulan maret 2020 pemerintah Indonesia mengeluarkan kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB)...

Mengenal Virus Corona dan Pencegahannya

Inilah bentuk penampakkanku  Aku merupakan keluarga besar virus yang menyebabkan penyakit infeksi saluran pernapasan, mulai flu biasa sampai penyakit yang serus seperti SARS dan MERS.