Skip to main content

Membentuk Keyakinan Kelas

Hari ini, pertama masuk kelas yang sebentar lagi akan lulus. Sudah satu bulan  tidak berjumpa dengan anak-anak hebat yang selalu haus akan ilmu. Kendala alam dan geografis tidak menjadi halangan. Jalan terjal berbatu, lautan air yang menggenang.Dapat dilalui dengan selamat. Cuaca terik yang menyengat tubuh, peluh keringat mengucur sampai mata kaki. 
Anak-anak menyalami gurunya saat bertemu di depan gerbang sekolah. Sambil bercerita kabar dan liburannya. Untuk memastikan kondisi psikologis dan emosional anak, kami urun rembug dahulu saat di kelas. Dilanjutkan dengan membuat kesepakatan kelas yang harus di musyawarahkan dan di diskusikan. Anak-anak sangat giat berdiskusi, menuliskan hal yang ingin dicapai berdasarkan nilai-nilai kebajikan yang sudah di sepakati. Kemudian kami mencatat semua masukan-masukkan dari murid di papan tulis. Kalimat-kalimat yang susun merupakan kalimat positif. Setelah itu kami meninjau kembali hasil dari brainstorming yang sudah dicatat. Meninjau ulang keyakinan kelas secara bersama-sama. Setelah keyakinan kelas disepakati oleh semua murid, maka semua warga kelas menandatanganinya di kertas yang sudah dicetak dan menempelkannya di dinding kelas. Berikut hasil keyakinan kelas yang sudah disepakati


Pada awalnya murid-murid tidak terbiasa dengan menyepakati keyakinan kelas ini, akan tetapi dengan dicoba secara perlahan-lahan. Murid menjadi merasa dilibatkan dalam setiap pengambilan keputusan yang berpihak pada murid. 


Comments

Popular posts from this blog

Cerpen Sains : Syauqi Yang Demam (bagian 2/Tamat)

“Jadi kalau skalanya celcius bisa diubah ke skala fahrenheit, ya kak?” tanya Uki. “Yups, betul sekali” jawab Elfi. “Contohnya bila di termometer berskala celcius didapatkan suhu 30 0 C, maka kalau diubah kedalam reamur adalah 24 0 R” kata Elfi.

MEMANFAATKAN LABORATORIUM MAYA SAAT BELAJAR DARI RUMAH UNTUK MELATIH KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA

  MEMANFAATKAN LABORATORIUM MAYA SAAT BELAJAR DARI RUMAH UNTUK MELATIH KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA           Pada tahun 2020 wabah Covid-19 mengguncang negara Tiongkok tepatnya di Provinsi Wuhan dan tidak lama kemudian  wabah Covid-19 telah menyebar ke berbagai negara. Dampak dari menyebarnya pandemik Covid-19 ini mengganggu berbagai macam aspek kehidupan, salah satunya adalah pendidikan. Begitupun di Indonesia, pemerintah mengumumkan pada awal bulan maret tahun 2020 telah terkonfirmasi positif menderita covid-19. Adanya pasien yang terkonfirmasi positif membuat pemerintah membentuk satuan tugas Covid-19 yang fungsinya untuk menangani pandemic Covid-19 dengan cepat sesuai dengan standar yang dikeluarkan oleh World He a lth Organization (2019) untuk memutus rantai penyebaran Covid-19 adalah social distancing dan physical distancing . Kemudian pada bulan maret 2020 pemerintah Indonesia mengeluarkan kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB)...

Mengenal Virus Corona dan Pencegahannya

Inilah bentuk penampakkanku  Aku merupakan keluarga besar virus yang menyebabkan penyakit infeksi saluran pernapasan, mulai flu biasa sampai penyakit yang serus seperti SARS dan MERS.