BISMILAHIROHMANIROHIIM
ASSALAMUALAIKUM WR WB
HALLO APA KABAR SAHABAT IPA
SEMUANYA SISWA/SISWI KELAS 9 DIMANA PUN BERADA?
SENANG SEKALI PADA SORE INI, BAPAK DAPAT MENEMANI KALIAN BELAJAR BERSAMA DI RADIO ERKS 106,1 FM INSPIRASI SUMEDANG.
SEBELUM
AKTIVITAS BELAJAR BERSAMA DIMULAI TERLEBIH DAHULU MARILAH KITA BERDOA SEMOGA
KEGIATAN INI MENJADI SESUATU YANG BERNILAI MANFAAT. SENANG SEKALI MENGETAHUI
KALIAN TETAP BERSEMANGAT MELAKUKAN PROSES BELAJAR. SELALU BERSYUKUR KEPADA
TUHAN ATAS SEGALA NIKMAT YANG DIBERIKAN. JAGALAH KESEHATAN MENGINGAT SAAT INI
CORONAVIRUS SEDANG MEWABAH. LAKUKANLAH PERLINDUNGAN DIRI DENGAN CARA RAJIN
MENCUCI TANGAN MEMAKAI SABUN DAN MENGENAKAN MASKER KESEHATAN.
PANTUN
PERGI KE PASAR MEMBELI DURIAN
MEMBELI DURIAN BERSAMA SI CONA
TETAP DIRUMAH DAN JAGA KEBERSIHAN
AGAR TERHINDAR VIRUS CORONA
MAKAN SIANG SEDERHANA SAJA
CUMA NASI PADANG DAN MINUMNYA ES
BELAJAR ITU BISA DIMANA SAJA
SALAH SATUNYA DI RADIO ERKS
PERKENALKAN, NAMA BAPAK SURYAN
NULOH SEBAGAI GURU IPA SMP NEGERI 1 SURIAN DI UJUNG BARAT KABUPATEN SUMEDANG
YANG BERBATASAN DENGAN KAB. SUBANG DAN INDRAMAYU. YANG MEMILKI VISI SMPN 1
SURIAN SUPER (SANTUN, UNGGUL, PEDULI DAN RELIGIUS).
PADA KESEMPATAN KALI INI, KITA AKAN
BELAJAR BERSAMA PADA MATA PELAJARAN IPA DENGAN MATERI INDUKSI ELEKTROMAGNETIK
KOMPETENSI
DASARNYA NO 3.6 YAITU MENERAPKAN KONSEP KEMAGNETAN, INDUKSI
ELEKTROMAGNETIK, DAN PEMANFAATAN MEDAN MAGNET DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI.
ADAPUN
TUJUAN BELAJAR BERSAMA KALI INI YANG INGIN DICAPAI YAITU:
SETELAH MENDENGARKAN RADIO ERKS FM DIHARAPKAN, 1. SISWA DAPAT MEMAHAMI KONSEP INDUKSI ELEKTROMAGNETIK 2. SISWA DAPAT MENGIDENTIFIKASI FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI BESAR GAYA GERAK LISTRIK YANG DIHASILKAN PADA INDUKSI EM 3. SISWA DAPAT MENJELASKAN ALAT-ALAT YANG MENGGUNAKAN PRINSIP KERJA INDUKSI ELEKTROMAGNETIK
SILAHKAN
SEBELUM DI MULAI MATERINYA SAHABAT IPA SEMUANYA DAPAT MENYIAPKAN BUKU CATATAN
SAHABAT IPA KELAS 9 SEMUANYA, PADA MATERI SEBELUMNYA KALIAN SUDAH BELAJAR MENGENAI BIOMAGNETIK PADA BEBERAPA HEWAN SEHINGGA DAPAT BERMIGRASI SEPERTI PADA IKAN SALMON, BURUNG ELANG, PENYU DAN SEBAGAINYA. KEMUDIAN MENGENAI KONSEP KEMAGNETAN, BAGAIMANA CARA MEMBUAT MAGNET, SIFAT-SIFAT MAGNET SAMPAI PADA MEDAN MAGNET. TENTUNYA KALIAN SUDAH MEMAHAMI KONSEP KEMAGNETAN TERSEBUT YAAA.
NAAAH SEKARANG CERITANYA BERAWAL DARI SEORANG PELAUT YANG TENGAH BERLAYAR DILAUTAN LEPAS, MENYADARI BAHWA SAAT TERJADI FENOMENA PETIR JARUM KOMPASNYA MENJADI MENYIMPANG/BERGERAK. FENOMENA INI MENJADI PEMIKIRAN KRITIS OLEH HANS CHRISTIAN OERSTED SEORANG ILMUWAN DENMARK, PADA TAHUN 1820 MENEMUKAN BAHWA ARUS LISTRIK YANG DILEWATKAN/DIALIRKAN PADA KAWAT KONDUKTOR DAPAT MEMBELOKKAN JARUM KOMPAS YANG DIDEKATKAN PADANYA. JADI PERCOBAAN OERSTED MENUNJUKKAN BAHWA ARUS LISTRIK MENGHASILKAN MEDAN MAGNET.
NAAAH SETELAH PENEMUAN FENOMENAL TERSEBUT PARA ILMUWAN KEMUDIAN MULAI BERTANYA-TANYA ; PERTANYAANNYA SEPERTI INI
JIKA
ARUS LISTRIK DAPAT MENGHASILKAN MEDAN MAGNET, APAKAH MEDAN MAGNET JUGA DAPAT
MENGHASILKAN ARUS LISTRIK?
BERAWAL DARI PERTANYAAN TERSEBUT, SEPULUH TAHUN KEMUDIAN YAITU 1830 SEORANG ILMUWAN BERKEBANGSAAN AMERIKA JOSEPH HENRY DAN ILMUWAN BERKEBANGSAAN INGGRIS MICHAEL FARADAY, SECARA TERPISAH MASING-MASING MENEMUKAN JAWABANNYA BAHWA MEDAN MAGNET PUN DAPAT MENGHASILKAN ARUS LISTRIK. BERDASARKAN LITERATUR YANG ADA DALAM HAL INI SEBENARNYA HENRY LAH YANG MENEMUKANNYA PERTAMA KALI. AKAN TETAPI MICHAEL FARADAY YANG LEBIH DAHULU MEMPUBLIKASIKAN HASIL TEMUANNYA DAN MENELITI HAL TERSEBUT LEBIH MENDALAM. SEHINGGA HASIL TEMUANNYA DAPAT MENGUBAH DUNIA.
BAGAIMANA FARADAY MELAKUKAN PENELITIANNYA?
KALAU
TATAP MUKA DI LAB, PERCOBAAN INI SERU SEKALI. ALAT-ALAT YANG DIGUNAKAN NYA
KUMPARAN 500 LILITAN DAN 1000 LILITAN, MAGNET BATANG, KABEL DAN GALVANOMNETER.
SEKARANG AGAR MEMUDAHKAN SAHABAT IPA KELAS 9 SEMUANYA UNTUK MELKAUKAN PERCOBAAN DI RUMAH, PERCOBAANNYA MENGGUNAKAN ANIMASI SAJA.
SILAHKAN
KETIKKAN DI HP ALAMAT WEB BERIKUT INI
https://phet.colorado.edu/en/simulation/faradays-law
KEMUDIAN
PILIH PHYSIC, LALU PILIH FARADAY LAW
GIMANA SUDAH BISA KE BUKA ANIMASINYA.
DI ANIMASI TERSEBUT ADA MAGNET BATANG, KUMPARAN, ADA LAMPU, ADA VOLTMETER
BAGAIMANA
CARA MENGGUNAKANNYA?
1. SILAHKAN GERAKKAN MAGNET MENDEKATI KUMPARAN/LILITAN KAWAT, APA YANG TERJADI DENGAN LAMPU?
LAMPU MENYALA KECIL SEKALI DAN
PADAM
2. KEMUDIAN GERAKKAN MAGNET MASUK-KELUAR KUMPARAN DARI MULAI PELAN-PELAN SAMPAI CEPAT, APA YANG TERJADI DENGAN LAMPU?
LAMPU MENYALA TERANG
3. KEMUDIAN DIAMKAN MAGNET DITENGAH KUMPARAN, APA YANG TERJADI DENGAN LAMPU? PADAM
4. SEKARANG PILIH YANG DUA KUMPARAN, LALU MAGNET GERAKKAN KELUAR MASUK KUMPARAN? BANDINGKAN KEADAAN LAMPU DENGAN MAGNET DI GERAKKAN PADA KUMPARAN PERTAMA. APA BEDANYA?
5. SEKARANG PILIH FIELD LINES (GARIS MEDAN MAGNET) DAN VOLTMETER, LALU GERAKKAN SEPERTI PADA PETUNJUK DI ATAS.
COBA
TULISKAN DI BUKU CATATAN HASIL PERCOBAANNYA!
MARI
KITA BAHAS HASIL PERCOBAANYA.
JADI
FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI INDUKSI EM YAITU, KECEPATAN GERAK MAGNET, MEDAN
MAGNET DAN JUMLAH LILITAN KUMPARAN.
SEMAKIN CEPAT GERAKKAN MAGNETNYA NYALA LAMPU SEMAKIN TERANG,
SEMAKIN
BESAR/BANYAK JUMLAH LILITAN KUMPARAN, NYALA LAMPU SEMAKIN TERANG
DAN
SEMAKIN BESAR KEKUATAN MEDAN MAGNETNYA, MAKA NYALA LMPU AKAN SEMAKIN TERANG.
PERUBAHAN
MEDAN MAGNET DAPAT MENGHASILKAN ARUS LISTRIK. ARUS LISTRIK YANG SEPERTI INI
DINAMAKAN ARUS INDUKSI. MEDAN MAGNET YANG BERUBAH MENGINDUKSI GAYA GERAK
LISTRIK, HAL INI TERLIHAT PADA JARUM VOLTMETER.
SETELAH
SAHABAT IPA KELAS 9 MEMAHAMI INDUKSI ELEKTROMAGNETIK,
SEKARANG
MARI KITA MENGETAHUI ALAT-ALAT YANG MENGGUNAKAN PRINSIP KERJA ELEKTOMAGNETIK.
1. GENERATOR
GENERATOR ADALAH ALAT YANG DIGUNAKAN UNTUK MENGUBAH ENERGI GERAK (KINETIK) MENJADI ENERGI LISTRIK. ENERGI GERAK YANG DIMILIKI GENERATOR DAPAT DIPEROLEH DARI BERBAGAI SUMBER ENERGI ALTERNATIF, MISALNYA DARI ENERGI ANGIN, ENERGI AIR, DAN SEBAGAINYA. GENERATOR DIBEDAKAN MENJADI GENERATOR AC (ALTERNATING CURRENT) DAN GENERATOR DC (DIRECT CURRENT). GENERATOR AC ATAU ALTERNATOR DAPAT MENGHASILKAN ARUS LISTRIK BOLAK-BALIK DENGAN CARA MENGGUNAKAN CINCIN GANDA, SEDANGKAN GENERATOR DC DAPAT MENGHASILKAN ARUS LISTRIK SEARAH DENGAN CARA MENGGUNAKAN KOMUTATOR (CINCIN BELAH).
2. DINAMO
DINAMO ADALAH GENERATOR YANG RELATIF KECIL SEPERTI YANG DIGUNAKAN PADA SEPEDA. MENGAPA LAMPU SEPEDA KAYUH DAPAT MENYALA MESKIPUN TIDAK DIBERI BATERAI? MENGAPA NYALA LAMPU AKAN SEMAKIN TERANG APABILA KITA MENGAYUH PEDAL SEPEDA DENGAN LEBIH CEPAT? TERNYATA PADA SEPEDA TERDAPAT DINAMO YANG BERFUNGSI SEBAGAI SUMBER ENERGI LISTRIK UNTUK MENYALAKAN LAMPU. DINAMO ADALAH ALAT YANG BERFUNGSI UNTUK MENGUBAH ENERGI GERAK MENJADI LISTRIK.
CARA KERJA DINAMO DAN GENERATOR HAMPIR SAMA, TERMASUK PENGGUNAAN
SATU CINCIN YANG DIBELAH MENJADI DUA (KOMUTATOR) PADA DINAMO DC DAN CINCIN
GANDA PADA DINAMO AC. PERBEDAAN DINAMO DENGAN GENERATOR TERLETAK PADA DUA
KOMPONEN UTAMA DINAMO, YAITU ROTOR (BAGIAN YANG BERGERAK) DAN
STATOR
(BAGIAN YANG DIAM). SAAT SEPEDA DIKAYUH DENGAN CEPAT, KUMPARAN PADA DINAMO AKAN
BERGERAK CEPAT SEHINGGA GAYA GERAK LISTRIK (GGL) INDUKSI YANG DIHASILKAN
MENJADI LEBIH KUAT DAN ENERGI LISTRIK YANG DIHASILKAN MENJADI LEBIH BANYAK.
SELAIN DENGAN MEMPERCEPAT PUTARAN KUMPARAN, PENGGUNAAN MAGNET YANG KUAT, MEMPERBANYAK
JUMLAH LILITAN, DAN PENGGUNAAN INTI BESI LUNAK DALAM DINAMO JUGA DAPAT
MENGAKIBATKAN GGL INDUKSI YANG DIHASILKAN MENJADI LEBIH KUAT
3. TRANSFORMATOR
MASIH INGATKAH KAMU BAHWA SEBELUM DIALIRKAN KE RUMAH-RUMAH PENDUDUK, TEGANGAN LISTRIK DARI PLN HARUS DITURUNKAN? BAGAIMANA CARA MENURUNKAN ATAU MENAIKKAN TEGANGAN LISTRIK? SALAH SATU CARANYA ADALAH DENGAN MENGGUNAKAN TRANSFORMATOR.
BERDASARKAN PENGGUNAANNYA, TRANSFORMATOR DIBAGI MENJADI DUA JENIS,
YAITU TRANSFORMATOR STEP-DOWN DAN TRANSFORMATOR STEP-UP.
TRANSFORMATOR STEP-DOWN BERFUNGSI UNTUK MENURUNKAN TEGANGAN LISTRIK,
SEDANGKAN TRANSFORMATOR STEP-UP BERFUNGSI UNTUK MENAIKKAN TEGANGAN
LISTRIK.
TRANSFORMATOR
PADA DASARNYA TERDIRI ATAS LILITAN PRIMER DAN LILITAN SEKUNDER YANG DIHUBUNGKAN
DENGAN MENGGUNAKAN INTI BESI. LILITAN PRIMER YANG MENDAPAT TEGANGAN AC AKAN
MENGINDUKSI LILITAN SEKUNDER. PERUBAHAN ARAH ARUS AC MEMBUAT MEDAN MAGNET YANG
TERBENTUK BERUBAH-UBAH, SEHINGGA MENGHASILKAN TEGANGAN AC PADA UJUNG-UJUNG
KUMPARAN SEKUNDER. INTI BESI DIGUNAKAN DENGAN TUJUAN UNTUK MEMPERKUAT MEDAN
MAGNET YANG DIHASILKAN.
PENUTUP
SEKIAN
BELAJAR BARENG UNTUK MATA PELAJARAN IPA, ADAPUN YANG MENJADI KESIMPULANNYA
ADALAH. PERUBAHAN MEDAN MAGNET DAPAT MENGHASILKAN ARUS LISTRIK INDUKSI,
FAKTOR-FAKTOR
YANG MEMPENGARUHI BESAR GGL YANG DIHASILKAN PADA INDUKSI EM YAITU, KECEPATAN
GERAK RELATIF MAGNET, JUMLAH LILITAN, BESAR MEDAN MAGNET.
ALAT-ALAT
YANG MENGGUNAKAN PRINSIL EM, YAITU DINAMO, GENERATOR DAN TRANSFORMATOR
SEKIAN
WASSLAMULAIKUM WR WB CAAG AHH
Comments
Post a Comment