Tantangan seorang guru saat melaksanakan proses pembelajaran salah satunya berupaya untuk menghadirkan suasana kelas yang aman, nyaman dan menyenangkan. Berbagai cara dilakukan, mulai dari adanya peraturan kelas, kebersihan lingkungan sekolah sampai kepada media pembelajaran yang digunakan. Supaya menghadirkan kelas yang menyenangkan dalam proses pembelajarannya, saya menghadirkan ULTRAMAN di kelas.
Yaaa, tepat pada tanggal 12-12-2022. ULTRAMAN diperkenalkan kepada rekan sesama guru. Apa itu ULTRAMAN?
ULTRAMAN merupakan media pembelajaran berbasis Game Based Learning. ULTRAMAN akronim dari Ular Tangga Unsur Kimia Menyenangkan. Komponen ULTRAMAN terdiri dari papan permainan (Board Game), Pion, Dadu, Kartu kesempatan dan Kartu tantangan.
Bagaimana aturan mainnya?
Aturan main ULTRAMAN yaitu :
- Siswa dibagi menjadi 4 kelompok
- Tempatkan masing-masing pion pada posisi START
- masing-masing kelompok bergantian menggulirkan dadu
- Angka yang muncul pada dadu membuat pion melangkah sesuai angka dadu
- Ambil kartu unsur kimia sesuai nomor pada papan permainan dan membacakannya
- Apabila pion sampai pada gambar ujung tangga, maka pion dapat naik dan dilanjutkan dengan mengambil kartu kesempatan
- Apabila pion sampai pada gambar kepala ular, ambil kartu tantangan. Kalau tidak bisa melaksanakan tantangan, maka turun sampai ekor ular.
- Pion yang sampai posisi FINISH dinyatakan sebagai pemenang.
Comments
Post a Comment