Skip to main content

Game SORE Pada Murid Inklusi


Salah satu kewajiban guru adalah menyediakan lingkungan belajar yang aman, nyaman dan menyenangkan. Tentunya agar murid-murid dapat belajar dengan perasaan yang menyenangkan, diperlukan suatu strategi yang jitu. Melalui model dan media pembelajaran, asesmen dan alat peraga, juga sekolah yang mendukung dan tidak lupa pada personal guru itu sendiri. Belajar seperti bermain anak-anak pada umumnya dengan ceria, semangat dan antusias. Apalagi bagi kelas yang anak-anaknya inklusi, tentunya diperlukan effort yang besar. Untuk membuat murid dapat terlayani pendidikannya dan tidak merasa terasingkan saat belajar. Karena seorang guru harus memiliki kompetensi pembelajaran bagi semua murid yang mampu mengakomodasi heterogenitas kebutuhan khusus peserta didik (ABK) . Salah satu effort yang digunakan yaitu menyediakan media pembelajaran yang multimedia (visual, audio dan kinetik) berupa Game Based Learning pada Game SORE (Sistem Organisasi Kehidupan). Game ini merupakan hasil karya sendiri yang berbasis html5, sehingga bisa dioperasikan pada smartphone. 

Comments

Popular posts from this blog

TEKNOLOGI RAMAH LINGKUNGAN 1

Perhatikan gambar berikut ini! a. Bus b. Mobil Tenaga Surya Gambar 1. Jenis Kendaraan           Sumber : www.starberita.com                                                 Apa perbedaan kedua gambar tersebut? Apa bahan bakar masing-masing kendaraan tersebut? Kendaraan manakah yang ramah lingkungan?mengapa?

MEMANFAATKAN LABORATORIUM MAYA SAAT BELAJAR DARI RUMAH UNTUK MELATIH KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA

  MEMANFAATKAN LABORATORIUM MAYA SAAT BELAJAR DARI RUMAH UNTUK MELATIH KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA           Pada tahun 2020 wabah Covid-19 mengguncang negara Tiongkok tepatnya di Provinsi Wuhan dan tidak lama kemudian  wabah Covid-19 telah menyebar ke berbagai negara. Dampak dari menyebarnya pandemik Covid-19 ini mengganggu berbagai macam aspek kehidupan, salah satunya adalah pendidikan. Begitupun di Indonesia, pemerintah mengumumkan pada awal bulan maret tahun 2020 telah terkonfirmasi positif menderita covid-19. Adanya pasien yang terkonfirmasi positif membuat pemerintah membentuk satuan tugas Covid-19 yang fungsinya untuk menangani pandemic Covid-19 dengan cepat sesuai dengan standar yang dikeluarkan oleh World He a lth Organization (2019) untuk memutus rantai penyebaran Covid-19 adalah social distancing dan physical distancing . Kemudian pada bulan maret 2020 pemerintah Indonesia mengeluarkan kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB)...

Tes Kemampuan Akademik

Tes Kemampuan Akademik (TKA) dilatarbelakangi oleh kebutuhan adanya pelaporan capaian akademik individu murid dari penilaian yang terstandar. Tidak tersedianya laporan capaian akademik individu dari penilaian terstandar pada beberapa tahun terakhir menimbulkan beberapa permasalahan. Permasalahan muncul terutama pada situasi ketika perbandingan capaian akademik murid yang berasal satuan pendidikan dilakukan, seperti pada proses seleksi. Pada situasi seleksi yang didasarkan pada data dari hasil penilaian masing-masing satuan pendidikan misalnya data rapor, menimbulkan masalah dalam hal objektivitas dan keadilan. Berikut paparan sosialisasi Tes Kemampuan Akademik