Skip to main content

RESIKO DINYA Lewat WAG

    Sudah berlangsung selama dua bulan, pembelajaran jarak jauh yang dilaksanakan di sekolah pada tahuan ajaran 2020/2021. Selama itu pula banyak cerita dan curhatan dari orang tua, peserta didik dan guru yang membuat harus memutar otak, agar dapat menyajikan pembelajaran jarak jauh yang adil, merata dan terjangkau oleh semua peserta didik.

Banyak kendala dan hambatan pastinya, karena kami semua belum terbiasa dengan pembelajaran jarak jauh (disingkat PJJ). Mulai dari kebosanan yang anak-anak rasakan, bantuan kuota yang tidak kunjung datang, dan sinyal internet yang masih lup-lep seperti tertiup angin badai. Meskipun PJJnya melalui whatsapp grup (WAG), tetap saja kebosanan menghinggapi anak-anak.  Saking bosannya pada PJJ, kehadiran dan partisipasi anak pun saat belajar termasuk dalam kategori rendah. 


    Salah satu upaya agar dapat menyajikan PJJ yang dapat mengusir kejenuhan anak-anak adalah dengan memodifikasi strategi pembelajarannya. Alasan yang paling mendasari memodifikasi strategi ini yaitu mudah pelaksanaannya dan irit kuota. Sebelum pembelajaran IPA dimulai, saya merekam terlebih dahulu suara yang akan  dibagikan pada grup WA. Rekaman suara ini berisi langkah-langkah pembelajaran dan penjelasan materi. Kemudian hasil rekamannya dibagikan dan siswa menyimak untuk memberikan komentar terhadap poin-poin penting pada rekaman tersebut, setelah itu siswa memberikan pertanyaan sesuai topik yang ada di rekaman tersebut dan oleh guru pertanyaan-pertanyaan tersebut dikumpulkan untuk dijawab oleh siswa. Langkah-langkah strategi PJJ tersebut dapat disingkat menjadi RESIKO DINYA (Rekam, Simak, Komentar, Diskusi, Tanya Jawab). Dengan tahapan Resiko Dinya, kehadiran anak meningkat dari pertemuan sebelumnya dan partisipasi anak dalam pembelajaranpun meningkat. Serta kesan anak-anak setelah belajar IPA beraneka ragam, saya himpun di mentimeter.


Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

Cerpen Sains : Syauqi Yang Demam (bagian 2/Tamat)

“Jadi kalau skalanya celcius bisa diubah ke skala fahrenheit, ya kak?” tanya Uki. “Yups, betul sekali” jawab Elfi. “Contohnya bila di termometer berskala celcius didapatkan suhu 30 0 C, maka kalau diubah kedalam reamur adalah 24 0 R” kata Elfi.

MEMANFAATKAN LABORATORIUM MAYA SAAT BELAJAR DARI RUMAH UNTUK MELATIH KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA

  MEMANFAATKAN LABORATORIUM MAYA SAAT BELAJAR DARI RUMAH UNTUK MELATIH KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA           Pada tahun 2020 wabah Covid-19 mengguncang negara Tiongkok tepatnya di Provinsi Wuhan dan tidak lama kemudian  wabah Covid-19 telah menyebar ke berbagai negara. Dampak dari menyebarnya pandemik Covid-19 ini mengganggu berbagai macam aspek kehidupan, salah satunya adalah pendidikan. Begitupun di Indonesia, pemerintah mengumumkan pada awal bulan maret tahun 2020 telah terkonfirmasi positif menderita covid-19. Adanya pasien yang terkonfirmasi positif membuat pemerintah membentuk satuan tugas Covid-19 yang fungsinya untuk menangani pandemic Covid-19 dengan cepat sesuai dengan standar yang dikeluarkan oleh World He a lth Organization (2019) untuk memutus rantai penyebaran Covid-19 adalah social distancing dan physical distancing . Kemudian pada bulan maret 2020 pemerintah Indonesia mengeluarkan kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB)...

Mengenal Virus Corona dan Pencegahannya

Inilah bentuk penampakkanku  Aku merupakan keluarga besar virus yang menyebabkan penyakit infeksi saluran pernapasan, mulai flu biasa sampai penyakit yang serus seperti SARS dan MERS.