Skip to main content

Cerpen Sains : Timbangan Dalam Fisika (bagian 2 / Tamat)


“Ada yang tahu, bagaimana cara menggunakan timbangan beras tersebut?”
“Tidak tahu, yah”  jawab serentak Elfi dan Nisa.
“Memangnya bagaimana yah?” tanya Elfi.
Cara kerjanya seperti neraca, harus menyeimbangkan sisi kiri dan sisi kanan.
Untuk menyeimbangkannya menggunakan anak timbangan.
“Oohhh seperti itu ya. Sekarang saya mengerti”!
“Ayah, tadi Elfi menimbang tepung terigu sebanyak 250 gram, bisa tidak kalau di rubah ke kilogram”? tanya Elfi. Nisa hanya bisa melongo tanda tidak mengerti apa yang di capkan tetehnya.
“Oh tentu bisa dong, Elfi” Jawab ayah.
“Elfi masih ingat tentang merubah atau mengonversi satuan panjang?” kata Ayah.
Jawab Elfi, “tentu ingat dong yah”.
“Coba kalau 1000 gram berapa kilogram?” tanya ayah.
“Emmmmmmhh, berapa ya?” pikir Elfi.
“Oh, saya tahu, saya tahu, 1 kilogram yah” jawab Elfi
“Benar sekali” kata ayah.
“Kalau 250 gram berapa kilogram?” tanya ayah.
“25 kilogram” jawab Elfi.
“Itu jawaban salah, Fi” kata ayah.
“Terus berapa dong yah?” kata Elfi.
“Ingin tahu jawabannya?” Coba perhatikan tangga satuan massa berikut ini:
“Nah, dengan tangga satuan, kita akan merubah satuan massa, contohnya , 250 gram berapa kilogram?” kata ayah.
“Caranya adalah untuk mencapai kilogram dari gram kita harus naik sebanyak 3 tangga, kalau naik  dibagi, kalau turun tangga dikalikan. Jadi kalau dari gram ke kilogram dibagi 1000, menjadi 250 gram x 1 kg / 1000 gram = 0,25 kilogram.  Contoh lainnya kalau 30 dekagram berapa miligram, kalau turun tangga kita harus mengalikannya. Menjadi 30 dekagram x 10000 mg / 1 dag = 300.000 mg.

Comments

  1. Nama:Dini handayani
    Kelas:8c
    Saya sudah membaca materi tentang CERPEN SAINS:TIMBANGAN DALAM FISIKA

    ReplyDelete
  2. Nama:Henry FALAYSA SYABENI
    Kelas:8c
    Saya sudah selesai membaca materi tentang CERPEN SAINS:TIMBANGAN DALAM FISIKA

    ReplyDelete
  3. NAMA: NURMALA OKTAFIA
    KLS:8C
    saya sudah selesai membaca materi tentang CERPEN SAINS:TIMBANGAN DALAM FISIKA

    ReplyDelete
  4. NAMA:INTAN NURJANAH
    KLS:8c
    saya sudah selesai membaca materi tentang CERPEN SAINS:TIMBANGAN DALAM FISIKA

    ReplyDelete
  5. NAMA:INTAN NURJANAH
    KLS:8c
    saya sudah selesai membaca materi tentang CERPEN SAINS:TIMBANGAN DALAM FISIKA

    ReplyDelete
  6. NAMA:INTAN NURJANAH
    KLS:8c
    saya sudah selesai membaca materi tentang CERPEN SAINS:TIMBANGAN DALAM FISIKA

    ReplyDelete
  7. Nama: Dinda nur oktafiani
    Kelas:8c
    Saya sudah selesai membaca CERPEN SAINS:TIMBANGAN DALAM FISIKA(bagian 2)

    ReplyDelete
  8. NAMA :RITA PUSPITASARI
    KELAS : IXB
    saya sudah selesai membaca cerpen sains
    Timbangan dalam fisika (bagian2)

    ReplyDelete
  9. Nama:sri aisyah noviyanti
    Kelas:8c
    Saya sudah membaca cerpen sains timbangan dalam fisika (bagian 1)

    ReplyDelete
  10. Nama: witri fitria
    Kelas: 8c
    Saya sudah membaca cerpen sains timbangan dalam fisika ( bagian 1)

    ReplyDelete
  11. Nama: witri
    Kelas: 8c
    Saya sudah membaca cerpen sains timbangan dalam fisika ( bagian 2/ tamat)

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

TEKNOLOGI RAMAH LINGKUNGAN 1

Perhatikan gambar berikut ini! a. Bus b. Mobil Tenaga Surya Gambar 1. Jenis Kendaraan           Sumber : www.starberita.com                                                 Apa perbedaan kedua gambar tersebut? Apa bahan bakar masing-masing kendaraan tersebut? Kendaraan manakah yang ramah lingkungan?mengapa?

MEMANFAATKAN LABORATORIUM MAYA SAAT BELAJAR DARI RUMAH UNTUK MELATIH KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA

  MEMANFAATKAN LABORATORIUM MAYA SAAT BELAJAR DARI RUMAH UNTUK MELATIH KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA           Pada tahun 2020 wabah Covid-19 mengguncang negara Tiongkok tepatnya di Provinsi Wuhan dan tidak lama kemudian  wabah Covid-19 telah menyebar ke berbagai negara. Dampak dari menyebarnya pandemik Covid-19 ini mengganggu berbagai macam aspek kehidupan, salah satunya adalah pendidikan. Begitupun di Indonesia, pemerintah mengumumkan pada awal bulan maret tahun 2020 telah terkonfirmasi positif menderita covid-19. Adanya pasien yang terkonfirmasi positif membuat pemerintah membentuk satuan tugas Covid-19 yang fungsinya untuk menangani pandemic Covid-19 dengan cepat sesuai dengan standar yang dikeluarkan oleh World He a lth Organization (2019) untuk memutus rantai penyebaran Covid-19 adalah social distancing dan physical distancing . Kemudian pada bulan maret 2020 pemerintah Indonesia mengeluarkan kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB)...

Tes Kemampuan Akademik

Tes Kemampuan Akademik (TKA) dilatarbelakangi oleh kebutuhan adanya pelaporan capaian akademik individu murid dari penilaian yang terstandar. Tidak tersedianya laporan capaian akademik individu dari penilaian terstandar pada beberapa tahun terakhir menimbulkan beberapa permasalahan. Permasalahan muncul terutama pada situasi ketika perbandingan capaian akademik murid yang berasal satuan pendidikan dilakukan, seperti pada proses seleksi. Pada situasi seleksi yang didasarkan pada data dari hasil penilaian masing-masing satuan pendidikan misalnya data rapor, menimbulkan masalah dalam hal objektivitas dan keadilan. Berikut paparan sosialisasi Tes Kemampuan Akademik