Saat mendapat jadwal mengajar kelas 9 pada bagian jam ke-1 dan 2, malamnya harus mempersiapkan strategi yang akan digunakan. Tentunya yang dipersiapkan meliputi analisis kompetensi Dasar 3.8, model pembelajaran, media dan alat yang akan digunakan. Hal ini dipersiapkan supaya tujuan belajar dapat tercapai. Media yang sudah dikenal dan dapat digunakan oleh peserta didik kelas 9 yaitu aplikasi whatsapp grup (WAG) dan google classroom (GC). Maka untuk mengoptimalkan penggunaan aplikasi WAG dan GC, model yang digunakan adalah RADEC kepanjangan dari Read, Answer, Discuss, Explain dan Create yang dikembangkan oleh Sopandi (2017).
Bagaimana tahapan Model RADEC ini? silakan baca sampai tuntas yaaaa
Tahapan-tahapan yang digunakan saat menggunakan Model RADEC ini yaitu:
1. Read (Membaca)
Pada tahap ini, peserta didik diberikan pertanyaan-pertanyaan mengenai materi atom dan molekul, hal ini untuk menggiring peserta didik agar memahami materi yang dipelajari. Pertanyaan-pertanyaannya diberikan lewat media WAG. Kemudian untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut, peserta didik membaca informasi dari berbagai sumber. Sumber yang dibaca peserta didik berasal dari bahan ajar yang diberikan guru lewat Google Classroom dalam bentuk pdf, animasi Atom dan molekul dalam bentuk HTML 5 dan sumber lainnya seperti buku pelajaran, internet, dan lain sebagainya yang dapat dijadikan sebagai sumber belajar peserta didik.
2. Answer (Menjawab)
Pada tahapan ini, peserta didik menjawab pertanyaan yang sudah diberikan sebelum pembelajaran dimulai. Hal ini supaya peserta didik dapat belajar secara mandiri, dengan mencari jawaban pada sumber bacaan sekaligus menjawab pertanyaan-pertanyaannya.
3. Discuss (Diskusi)
Pada tahap diskusi, peserta didik belajar mendiskusikan hasil jawaban peserta didik pada tugas prapembelajaran yang diberikan guru lewat media WAG. Pada kegiatan ini, guru mendorong peserta didik untuk berdiskusi secara aktif. Guru juga memberikan motivasi kepada peserta didik yang berhasil menyelesaikan tugas dan menjawabnya dengan baik. Peserta didik mengetikkan jawaban pertanyaan pada kolom komentar di WAG yang dipandu oleh guru.
4. Explain (Menjelaskan)
Pada tahap ini, peserta didik menjelaskan secara klasikal terkait materi yang telah didiskusikan, bias lewat ketikkan atau pesan suara (voice note). Dalam kegiatan ini, guru memastikan bahwa apa yang dijelaskan oleh guru dan temannya dari hasil diskusi dapat dipahami oleh peserta didik lain. Selain itu, guru juga mendorong peserta didik lainnya untuk bertanya, menyanggah, atau menambahkan apa yang telah disampaikan oleh temannya.
5. Create (berkreasi)
Pada tahap ini, guru memberikan dorongan dan menginspirasi peserta didik agar menggunakan pengetahuan yang dikuasainya untuk menghasilkan sebuah produk berupa alat peraga struktur molekul hal ini sebagai upaya merangsang ide-ide kreatif peserta didik, guru dapat menginspirasinya dengan memberikan contoh ide atau rencana kreatif yang mungkin tidak terpikirkan oleh peserta didik. Hasil membuat model struktur molekul dari tanah liat di serahkan fotonya lewat GC kelas masing-masing.
Sumber Referensi
Sopandi, W. (2017). The Quality Improvement Of Learning Processes And Achievements Through The Read-Answer-Discuss-Explain-And Create Learning Model Implementation. Conferenced Paper. Kuala Lumpur 20 September 2017.
Salam Sehat dan SPENSUR SUPER (Santun, Unggul, Peduli dan Religius)
Comments
Post a Comment