Dalam kehidupan masa kini, banyak sekali permasalahan yang memerlukan sebuah keterampilan berpikir untuk menyelesaikannya. Mulai dari permasalahan lingkungan, energi, kesehatan dan sosial kultural. Sejak tahun 2006, Jeanete M. Wing memperkenalkan istilah Computational Thinking (CT) untuk menyelesaikan masalah kompleks secara tepat dan efektif. Apa itu Computational Thinking?
Computational Thinking (CT) atau Berpikir Komputasional adalah salah satu konten utama dalam literasi digital dimana seseorang memiliki keterampilan yang memungkinkanya memecahkan masalah secara sistematis, sebagaimana komputer bekerja (Leila Ribeiro, 2013). Selain itu CT juga didefiniskan sebagai proses mental untuk mengabstraksi masalah hingga menyelesaikan masalah secara ototmatis.
Sehingga setiap anak memiliki keterampilan CT masing-masing yang berbeda.
Kemampuan CT bukan hanya untuk
TIK tetapi ini dapat diterapkan dalam mendukung pemecahan masalah pada berbagai
ilmu lain termasuk sains.
Elemen utama CT terdiri dari decomposition,
algorithm, abstraction dan pattern recognition
Gambar
1. Empat Keterampilan utama berpikir komputasi
(Sumber:
https://cspathshala.org/2017/10/25/computational-thinking-curriculum/)
CT berperan penting untuk mengintegrasikan kecerdasan
manusia dengan kemampuan komputasi dari perangkat komputer. Komputer mengubah
cara kita berpikir dan belajar tentang dunia dan alam semesta sehingga
keterampilan untuk memahami serta memanfaatkan kemampuan komputasi dari
perangkat komputer ini menjadi penting dan relevan untuk dikembangkan bagi
siswa. Salah satu referensi strategi pengintegrasian CT dalam
pembelajaran sains adalan penggunaan taksonomi dari CT-STEM.
Taksonomi tersebut menjelaskan bahwa terdapat 4 aspek utama yang perlu diperhatikan yaitu: Data Practices, Modeling and Simulation Practices, Computational Problem-Solving Practices, dan Systems Thinking Practices.
Computational Thinking (CT) merupakan sebuah alat untuk menyampaikan konten / materi pembelajaran IPA dengan berbagai macam model pembelajaran sains.
Referensi :
1. https://ccl.northwestern.edu/2015/Weintrop%20et%20al.%20-%202015%20-%20Defining%20Computational%20Thinking%20for%20Mathematics%20an.pdf (diakses pada 19/9/2021)
2. https://www.computacional.com.br/files/Gerais/RIBEIRO%20-%20Computational%20Thinking%20-%20Possibilities%20and%20Challenges.pdf (diakses pada 19/9/2021)
3. https://cspathshala.org/2017/10/25/computational-thinking-curriculum/ (diakses pada 19/9/2021)
Comments
Post a Comment