Jam pelajaran disaat terakhir mendekati pulang, tentunya membuat siswa kurang bersemangat ditambah lagi cuaca sedang panas. Diperlukan strategi pembelajaran yang dapat meningkatkan semangat dan mood booster siswa. Salah satunya yaitu Game Bases Learning melalui Permainan Kartu Hewan dan Tumbuhan. Bagaimana cara memainkannya, agar pemahaman bermaknanya dapat?
- Siswa dikelompokkan, tiap kelompok berjumlah 5-6 siswa
- Kartu diacak terlebih dahulu oleh siswa yang kesatu,
- Kemudian dibagikan kartunya kepada tiap siswa
- Siswa lainnya tidak boleh mengetahui kartu siswa lain
- Siswa yang pertama menyebutkan ciri-ciri hewan/tumbuhan yang ada di kartunya
- Siswa lainnya menjawab dengan mengacungkan tangan dulu
- Diberikan tiga kali kesempatan untuk menjawab
- Apabila benar menjawabnya, maka mengambil kartu lainnya
- Apabila setelah tiga kali salah, maka yang bertanya mengambil kartu yang ditempatkan ditengah.
- Setelah 3 putaran, maka ditentukan lah yang mendapatkan kartu terbanyak sebagai pemenangnya
- Kartu yang dipegang, segera ditempelkan dipapan tulis berdasarkan pengelompokkan ciri hewan.
Selama pembelajaran berlangsung, siswa sangat antusis dan bersemangat untuk mengikuti pembelajaran di jam terakhir.
Comments
Post a Comment