Skip to main content

Main Kartu di Kelas IPA

Jam pelajaran disaat terakhir mendekati pulang, tentunya membuat siswa kurang bersemangat ditambah lagi cuaca sedang panas. Diperlukan strategi pembelajaran yang dapat meningkatkan semangat dan mood booster siswa. Salah satunya yaitu Game Bases Learning melalui Permainan Kartu Hewan dan Tumbuhan. Bagaimana cara memainkannya, agar pemahaman bermaknanya dapat? 
Berikut aturan mainnya :
  1. Siswa dikelompokkan, tiap kelompok berjumlah 5-6 siswa
  2. Kartu diacak terlebih dahulu oleh siswa yang kesatu, 
  3. Kemudian dibagikan kartunya kepada tiap siswa
  4. Siswa lainnya tidak boleh mengetahui kartu siswa lain
  5. Siswa yang pertama menyebutkan ciri-ciri hewan/tumbuhan yang ada di kartunya
  6. Siswa lainnya menjawab dengan mengacungkan tangan dulu
  7. Diberikan tiga kali kesempatan untuk menjawab
  8. Apabila benar menjawabnya, maka mengambil kartu lainnya
  9. Apabila setelah tiga kali salah, maka yang bertanya mengambil kartu yang ditempatkan ditengah. 
  10. Setelah 3 putaran, maka ditentukan lah yang mendapatkan kartu terbanyak sebagai pemenangnya
  11. Kartu yang dipegang, segera ditempelkan dipapan tulis berdasarkan pengelompokkan ciri hewan. 
Selama pembelajaran berlangsung, siswa sangat antusis dan bersemangat untuk mengikuti pembelajaran di jam terakhir. 

Comments

Popular posts from this blog

TEKNOLOGI RAMAH LINGKUNGAN 1

Perhatikan gambar berikut ini! a. Bus b. Mobil Tenaga Surya Gambar 1. Jenis Kendaraan           Sumber : www.starberita.com                                                 Apa perbedaan kedua gambar tersebut? Apa bahan bakar masing-masing kendaraan tersebut? Kendaraan manakah yang ramah lingkungan?mengapa?

MEMANFAATKAN LABORATORIUM MAYA SAAT BELAJAR DARI RUMAH UNTUK MELATIH KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA

  MEMANFAATKAN LABORATORIUM MAYA SAAT BELAJAR DARI RUMAH UNTUK MELATIH KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA           Pada tahun 2020 wabah Covid-19 mengguncang negara Tiongkok tepatnya di Provinsi Wuhan dan tidak lama kemudian  wabah Covid-19 telah menyebar ke berbagai negara. Dampak dari menyebarnya pandemik Covid-19 ini mengganggu berbagai macam aspek kehidupan, salah satunya adalah pendidikan. Begitupun di Indonesia, pemerintah mengumumkan pada awal bulan maret tahun 2020 telah terkonfirmasi positif menderita covid-19. Adanya pasien yang terkonfirmasi positif membuat pemerintah membentuk satuan tugas Covid-19 yang fungsinya untuk menangani pandemic Covid-19 dengan cepat sesuai dengan standar yang dikeluarkan oleh World He a lth Organization (2019) untuk memutus rantai penyebaran Covid-19 adalah social distancing dan physical distancing . Kemudian pada bulan maret 2020 pemerintah Indonesia mengeluarkan kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB)...

Tes Kemampuan Akademik

Tes Kemampuan Akademik (TKA) dilatarbelakangi oleh kebutuhan adanya pelaporan capaian akademik individu murid dari penilaian yang terstandar. Tidak tersedianya laporan capaian akademik individu dari penilaian terstandar pada beberapa tahun terakhir menimbulkan beberapa permasalahan. Permasalahan muncul terutama pada situasi ketika perbandingan capaian akademik murid yang berasal satuan pendidikan dilakukan, seperti pada proses seleksi. Pada situasi seleksi yang didasarkan pada data dari hasil penilaian masing-masing satuan pendidikan misalnya data rapor, menimbulkan masalah dalam hal objektivitas dan keadilan. Berikut paparan sosialisasi Tes Kemampuan Akademik