Skip to main content

Tips Mengelola Pendidikan Ala Finlandia

Dalam lawatannya ke Finlandia dan Estonia, Bupati Sumedang dan Jajarannya, termasuk Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Sumedang. Menemukan pembelajaran yang bermakna, ketika sebuah negara yanga indeks kebahagiaannya tertinggi dalam mengelola pendidikan. Bagaimana Finlandia mengelola pendidikannya?. 
Dalam sambutannya pada kegiatan Sosialisasi dan Implementasi Kurikulum Merdeka di Hotel Kencana Jaya. Setidaknya Bapak Agus Wahidin, S.Pd, M. Si menemukan empat hal dalam mengelola pendidikan, yaitu:
1. Pendidikan berbasis pembangunan karakter
2. Standar kompetensi guru dan calon guru yang tinggi
3. Pendidikan berbasis literasi digital
4. Pendidikan berbasis satu data
Dalam membangun fondasi karakter yang kuat, Anak-anak Finlandia yang pertama harus dilakukan adalah mereka harus Survive dulu dengan kondisi alamnya, mulai dari iklim, Geografis dan sosialnya. Kemudian setelah mereka survive dilanjutkan dengan menanamkan kejujuran, jangan sampai melanggar aturan yang sudah dibuat. Meskipun tanpa ada yang mengawasi, dengan sikap kejujuran kehidupan akan menjadi bahagia. Setelah itu menumbuhkan sikap toleransi terhadap sesama, mulai dari bertutur kata, berkeyakinan dan sebagainya. Kemudian menanamkan sikap disiplin dan kerja keras, karena untuk menggapai sebuah cita dan harapan diperlukan 90℅ kerja keras dan 10℅ talenta. Terakhir anak-anak di Finlandia diajari cara memecahkan masalah yang kompleks untuk mengarungi kehidupan dimasa kini. 

Comments

Popular posts from this blog

TEKNOLOGI RAMAH LINGKUNGAN 1

Perhatikan gambar berikut ini! a. Bus b. Mobil Tenaga Surya Gambar 1. Jenis Kendaraan           Sumber : www.starberita.com                                                 Apa perbedaan kedua gambar tersebut? Apa bahan bakar masing-masing kendaraan tersebut? Kendaraan manakah yang ramah lingkungan?mengapa?

MEMANFAATKAN LABORATORIUM MAYA SAAT BELAJAR DARI RUMAH UNTUK MELATIH KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA

  MEMANFAATKAN LABORATORIUM MAYA SAAT BELAJAR DARI RUMAH UNTUK MELATIH KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA           Pada tahun 2020 wabah Covid-19 mengguncang negara Tiongkok tepatnya di Provinsi Wuhan dan tidak lama kemudian  wabah Covid-19 telah menyebar ke berbagai negara. Dampak dari menyebarnya pandemik Covid-19 ini mengganggu berbagai macam aspek kehidupan, salah satunya adalah pendidikan. Begitupun di Indonesia, pemerintah mengumumkan pada awal bulan maret tahun 2020 telah terkonfirmasi positif menderita covid-19. Adanya pasien yang terkonfirmasi positif membuat pemerintah membentuk satuan tugas Covid-19 yang fungsinya untuk menangani pandemic Covid-19 dengan cepat sesuai dengan standar yang dikeluarkan oleh World He a lth Organization (2019) untuk memutus rantai penyebaran Covid-19 adalah social distancing dan physical distancing . Kemudian pada bulan maret 2020 pemerintah Indonesia mengeluarkan kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB)...

Tes Kemampuan Akademik

Tes Kemampuan Akademik (TKA) dilatarbelakangi oleh kebutuhan adanya pelaporan capaian akademik individu murid dari penilaian yang terstandar. Tidak tersedianya laporan capaian akademik individu dari penilaian terstandar pada beberapa tahun terakhir menimbulkan beberapa permasalahan. Permasalahan muncul terutama pada situasi ketika perbandingan capaian akademik murid yang berasal satuan pendidikan dilakukan, seperti pada proses seleksi. Pada situasi seleksi yang didasarkan pada data dari hasil penilaian masing-masing satuan pendidikan misalnya data rapor, menimbulkan masalah dalam hal objektivitas dan keadilan. Berikut paparan sosialisasi Tes Kemampuan Akademik