Skip to main content

AWAL SEMESTER : MENYUSUN KESEPAKATAN KELAS


Sekarang bukan lagi zamannya membuat peraturan yang hanya melibatkan satu pihak saja. Sekarang era- nya kolaborasi dan komunikasi. Banyak peraturan yang hanya satu pihak yang terlibat, dampaknya tidak optimal. Hanya bagaikan pajangan semata dan adanya keterpaksaan serta takut dalam menjalaninya tanpa memahami tujuan mulianya dalam menjalaninya. Peraturan tertulis yang biasa dilakukan oleh siswa, tidak mengetahui makna dibalik nilai-nilai kebajikan yang ada di peraturan tersebut. Nilai-nilai kebajikan universal yang disepakati secara tersirat dan tersurat, lepas dari latar belakang suku, negara, bahasa maupun agama dinamakan Keyakinan atau kesepakatan. 
Bagaimana cara menyusun keyakinan/kesepakatan kelas? 
1. Keyakinan kelas bersifat lebih abstrak daripada peraturan
2. Keyakinan kelas berupa Pernyataan- pernyataan universal
3. Pernyataan keyakinan kelas senantiasa dibuat dalam bentuk positif
4. Keyakinan kelas hendaknya tidak terlalu banyak, sehingga mudah diingat dan dipahami oleh semua warga kelas
5. Keyakinan kelas sebaiknya sesuatu yang dapat diterapkan di lingkungan tersebut
6. Semua warga kelas hendaknya ikut berkontribusi
7. Bersedia meninjau kembali keyakinan kelas dari waktu ke waktu

Contoh kesepakatan kelas. 
Hormat
Menyapa teman dan guru setiap hari

Bekerja
Menyerahkan tugas tepat waktu

Diterima dan dimiliki
Menjenguk atau menanyakan kabar teman yang kurang sehat atau sedang mendapatkan musibah

Atau 
Setiap anggota kelas perlu belajar
Setiap anggota kelas perlu senang
Setiap anggota kelas perlu mengerjakan tugas
Setiap anggota kelas perlu saling menghargai
Setiap anggota kelas perlu merasa aman

Comments

Popular posts from this blog

TEKNOLOGI RAMAH LINGKUNGAN 1

Perhatikan gambar berikut ini! a. Bus b. Mobil Tenaga Surya Gambar 1. Jenis Kendaraan           Sumber : www.starberita.com                                                 Apa perbedaan kedua gambar tersebut? Apa bahan bakar masing-masing kendaraan tersebut? Kendaraan manakah yang ramah lingkungan?mengapa?

MEMANFAATKAN LABORATORIUM MAYA SAAT BELAJAR DARI RUMAH UNTUK MELATIH KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA

  MEMANFAATKAN LABORATORIUM MAYA SAAT BELAJAR DARI RUMAH UNTUK MELATIH KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA           Pada tahun 2020 wabah Covid-19 mengguncang negara Tiongkok tepatnya di Provinsi Wuhan dan tidak lama kemudian  wabah Covid-19 telah menyebar ke berbagai negara. Dampak dari menyebarnya pandemik Covid-19 ini mengganggu berbagai macam aspek kehidupan, salah satunya adalah pendidikan. Begitupun di Indonesia, pemerintah mengumumkan pada awal bulan maret tahun 2020 telah terkonfirmasi positif menderita covid-19. Adanya pasien yang terkonfirmasi positif membuat pemerintah membentuk satuan tugas Covid-19 yang fungsinya untuk menangani pandemic Covid-19 dengan cepat sesuai dengan standar yang dikeluarkan oleh World He a lth Organization (2019) untuk memutus rantai penyebaran Covid-19 adalah social distancing dan physical distancing . Kemudian pada bulan maret 2020 pemerintah Indonesia mengeluarkan kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB)...

Tes Kemampuan Akademik

Tes Kemampuan Akademik (TKA) dilatarbelakangi oleh kebutuhan adanya pelaporan capaian akademik individu murid dari penilaian yang terstandar. Tidak tersedianya laporan capaian akademik individu dari penilaian terstandar pada beberapa tahun terakhir menimbulkan beberapa permasalahan. Permasalahan muncul terutama pada situasi ketika perbandingan capaian akademik murid yang berasal satuan pendidikan dilakukan, seperti pada proses seleksi. Pada situasi seleksi yang didasarkan pada data dari hasil penilaian masing-masing satuan pendidikan misalnya data rapor, menimbulkan masalah dalam hal objektivitas dan keadilan. Berikut paparan sosialisasi Tes Kemampuan Akademik