Skip to main content

Keajaiban Pendengaran Kelelawar

Apakah kalian pernah berpikir, mengapa kelelawar mencari makan di malam hari? 
Assalamualaikum
salam jumpa lagi anak-anakku
silahkan isi daftar hadir dulu



Semoga kalian semuanya sehat selalu, kita harus bersabar dan mengikuti protokol kesehatan di tengah wabah covid-19 ini.
baiklah bapak akan mengulas kembali materi sebelumnya, masih ingat kalian tentang :
Apa itu bunyi?  apa saja syarat terdengarnya bunyi? Bagaimana proses bunyi sampai ke pendengaran manusia?

bagus sekali kalau masih ingat pembelajaran sebelumnya, agar pengetahuan kalian bertambah kali ini kita akan belajar tentang KEAJAIBAN PENDENGARAN HEWAN
Semoga dengan belajar kali ini kalian dapat memahami proses pendengaran pada hewan dan bersyukur pada Allah SWT atas karunia segala ciptaan-Nya.

Apakah kalian pernah berpikir, mengapa kelelawar mencari makan di malam hari? Ayo pikirkan
Hewan yang suka mencari makan di malam hari atau disebut nokturnal contohnya seperti kelelawar (Cynopterus brachyotis) yang memanfaatkan kelebihan pada pendengarannya. Kelelawar dapat menerima dan mengeluarkan gelombang ultrasonik dengan frekuensi di atas 20.000 Hz saat ia terbang. bagaimana caranya, mudah-mudahan kalian masih ingat materi pemantulan bunyi.
Ketika mencari makan kelelawar mengeluarkan gelombang bunyi, sehingga memantul pada makanan yang dicarinya. setelah memantul, maka gelombang bunyi yang dikeluarkan akan diterima dan diolah oleh kelelawar. Kemampuan kelelawar dalam menentukan lokasi ini dinamakan dengan EKOLOKASI. Pada hewan juga terdapat sistem SONAR (Sound Navigation and Ranging) yang dapat menaksir ukuran, bentuk, letak dan jarak suatu benda. canggih banget ya hewan ini.
(Sumber : Rumah Belajar Kemdikbud)


dari gambar di atas, kelelawar mengeluarkan gelombang bunyi, kemudian dipantulkan oleh benda yang ada dihadapannya. 

Sumber bacaan lainnya silahkan buka

Kalau ada pertanyaan silahkan tuliskan di kolom Komentar di bawah ini.
Sekian dan terimakasih. see you next time. salam sehat selalu

Comments

  1. Nama: Dinda nur oktafiani
    Kelas: 8c
    Saya sudah membaca materi tentang KEAJAIBAN PENDENGARAN KELELAWAR

    ReplyDelete
  2. NAMA:NURMALA OKTAFIA
    KELAS:8C
    saya sudah membaca materi tentang KEAJAIBAN PENDENGARAN KELELAWAR

    ReplyDelete
  3. NAMA:INTAN NURJANAH
    KELAS:8C
    saya sudah membaca materi tentang KEAJAIBAN PENDENGARAN KELELAWAR

    ReplyDelete
  4. Nama:Dini handayani
    Kelas:8c
    Saya sudah membaca materi tentang KEAJAIBAN PENDENGARAN KELALAWAR

    ReplyDelete
  5. Nama:Dwi yulianti putri
    Kelas:8c
    Saya sudah membaca materi tentang KEAJAIBAN PENDENGARAN KELALAWAR

    ReplyDelete
  6. Nama:sri aisyah noviyanti
    Kelas:8c
    Saya sudah membaca materi tentang
    KEAJAIBAN PENDENGARAN KELALAWAR

    ReplyDelete
  7. Nama: Henry FALAYSA SYABENI
    Kelas: 8c
    Saya sudah membaca materi tentang KEAJAIBAN PENDENGARAN KELALAWAR

    ReplyDelete
  8. Nama:zaki muhamad farhan tea gening pa
    Kelas:8c
    Saya sudah membaca materi tentang
    KEAJAIBAN PENDENGARAN KELALAWAR

    ReplyDelete
  9. Nama: Berliana cikal lestari
    Kelas:8C
    Saya sudah membaca materi tentang
    KEAJAIBAN PENDENGARAN KELALAWAR

    ReplyDelete
  10. Nama:witri fitria
    Kelas:8c
    Daya sudah membaca materi tentang KEAJAIBAN PENDENGARAN KELELAWAR

    ReplyDelete
  11. Saya sudah membaca materi tentang KEAJAIBAN PENDENGARAN KELELAWAR

    ReplyDelete
  12. Nama:Kelvin maulana
    Kelas:8c
    Saya sudah membaca materi tentang KEAJAIBAN PENDENGARAN KELELAWAR

    ReplyDelete
  13. Nama:Jatmiko
    Kelas:8c
    Saya sudah membaca materi tentang KEAJAIBAN PENDENGAR KELELAWAR

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

TEKNOLOGI RAMAH LINGKUNGAN 1

Perhatikan gambar berikut ini! a. Bus b. Mobil Tenaga Surya Gambar 1. Jenis Kendaraan           Sumber : www.starberita.com                                                 Apa perbedaan kedua gambar tersebut? Apa bahan bakar masing-masing kendaraan tersebut? Kendaraan manakah yang ramah lingkungan?mengapa?

MEMANFAATKAN LABORATORIUM MAYA SAAT BELAJAR DARI RUMAH UNTUK MELATIH KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA

  MEMANFAATKAN LABORATORIUM MAYA SAAT BELAJAR DARI RUMAH UNTUK MELATIH KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA           Pada tahun 2020 wabah Covid-19 mengguncang negara Tiongkok tepatnya di Provinsi Wuhan dan tidak lama kemudian  wabah Covid-19 telah menyebar ke berbagai negara. Dampak dari menyebarnya pandemik Covid-19 ini mengganggu berbagai macam aspek kehidupan, salah satunya adalah pendidikan. Begitupun di Indonesia, pemerintah mengumumkan pada awal bulan maret tahun 2020 telah terkonfirmasi positif menderita covid-19. Adanya pasien yang terkonfirmasi positif membuat pemerintah membentuk satuan tugas Covid-19 yang fungsinya untuk menangani pandemic Covid-19 dengan cepat sesuai dengan standar yang dikeluarkan oleh World He a lth Organization (2019) untuk memutus rantai penyebaran Covid-19 adalah social distancing dan physical distancing . Kemudian pada bulan maret 2020 pemerintah Indonesia mengeluarkan kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB)...

Tes Kemampuan Akademik

Tes Kemampuan Akademik (TKA) dilatarbelakangi oleh kebutuhan adanya pelaporan capaian akademik individu murid dari penilaian yang terstandar. Tidak tersedianya laporan capaian akademik individu dari penilaian terstandar pada beberapa tahun terakhir menimbulkan beberapa permasalahan. Permasalahan muncul terutama pada situasi ketika perbandingan capaian akademik murid yang berasal satuan pendidikan dilakukan, seperti pada proses seleksi. Pada situasi seleksi yang didasarkan pada data dari hasil penilaian masing-masing satuan pendidikan misalnya data rapor, menimbulkan masalah dalam hal objektivitas dan keadilan. Berikut paparan sosialisasi Tes Kemampuan Akademik