SEKOLAH AMBIDEXTERITY DALAM MENJAWAB TANTANGAN VUCA
Suryan Nuloh Al Raniri
SMP Negeri 1 Surian
Perubahan yang begitu cepat merupakan suatu keniscayaan bagi dunia modern di era revolusi 4.0, hal ini membuat segala sektor kehidupan harus menyesuaikan agar tidak terlalu ketinggalan. Perubahan begitu cepat ditandai dengan berubahnya pekerjaan yang akan menjadi prioritas di abad 21 ini diantaranya: spesialis kecerdasan buatan, data saintis, mesin robot, spesialis keamanan data siber, serta pengembang bahasa pemograman JavaScript. Dengan perubahan yang sangat cepat tersebut sekolah pun sebagai suatu organisasi harus dapat beradaptasi dengan situasi dan kondisi terkini. Sekolah yang dapat bertahan dalam kondisi seperti ini adalah yang mampu menggabungkan antara efisiensi dan inovasi.
Dalam teori manajemen dan desain organisasi menyatakan bahwa apabila suatu organisasi ingin memfokuskan dan meningkatkan efisiensi maka organisasi dapat memilih desain organisasi mekanistik, dan apabila organisasi ingin meningkatkan inovasi dan fleksibilitas maka organisasi tersebut bias memilih desain organisasi organik. Akan tetapi keadaan lingkungan organisasi yang berubah lebih cepat sehingga tidak bisa diprediksikan dan menjadi lebih global, sehingga dunia saat ini sedang menghadapi tantangan VUCA (Volatility, Uncertainty, Complexity, Ambiguity). Dalam konteks ini, sekolah sebagai suatu organisasi dibidang pendidikan dihadapkan pada pilihan desain organisasi, yaitu apabila memilih satu diantaranya maka pasti akan mengorbankan salah satu yang lainnya. Sehingga dikhawatirkan apabila memilih desain organisasi untuk lebih memfokuskan pada desain mekanistik maka keunggulan desain organik akan terabaikan, begitupun sebaliknya. Apakah sekolah lebih memfokuskan pada exploitasi sumber daya yang ada atau memfokuskan pada explorasi peluang-peluang baru untuk menghasilkan inovasi?.
Akan tetapi ketika pandemik Covid-19 terjadi, mau tidak mau sekolah harus mencari cara untuk dapat menggabungkan keduanya, dengan kata lain sekolah menjadi organisasi ambidextrous (Adler dan Heckscher, 2013). Ambidexterity adalah kemampuan sekaligus untuk mengeksploitasi kemampuan yang ada dan untuk mengeksplorasi peluang baru (Adler dan Heckscher, 2013). Sehingga sekolah yang ambidextrous akan unggul dalam memanfaatkan sumber daya yang telah ada sebelumnya dan dapat mengeksplorasi peluang baru untuk mendorong inovasi agar dapat menghadapi perubahan zaman yang begitu cepat.Sumber
referensi
Adler, P and
Hecksher, C. (2013). The Collaborative Ambidextrous entreprises.
Universia Business Review.

Bagus artikelnya....
ReplyDeleteGood job pak,semua kembali pada SDM sekolahnya pak Krn harus aktif tuk meningkatkan kompetensi sesuai perkembangan zaman
ReplyDeleteGood job pak,semua kembali pada SDM sekolahnya pak Krn harus aktif tuk meningkatkan kompetensi sesuai perkembangan zaman
ReplyDeleteGood job pak,semua kembali pada SDM sekolahnya pak Krn harus aktif tuk meningkatkan kompetensi sesuai perkembangan zaman
ReplyDelete