Penilaian sumatif terjadi ketika guru mengevaluasi produk akhir. Biasanya terjadi di akhir bab, unit studi, periode tolok ukur, kuartal, kursus, semester, atau tahun akademik. Penilaian sumatif melaporkan hasil akhir siswa kepada siswa itu sendiri, orang tua mereka, dan administrasi, serta distrik sekolah, negara bagian, dan pemerintah nasional. Hasil akhir ini menjadi data yang digunakan untuk berbagai tujuan, termasuk promosi dan retensi siswa serta evaluasi sekolah dan kabupaten tertentu. Penilaian sumatif berfungsi sebagai penilaian pembelajaran, karena tujuannya adalah untuk mendukung penetapan nilai akhir atau tingkat kemahiran yang terkait dengan hasil kursus atau standar negara.
Ainsworth dan Viegut (2006) mendeskripsikan penilaian sumatif sebagai penilaian akhir yang sering berdiri sendiri yang digunakan untuk mengukur pemahaman siswa tentang unit dalam buku teks atau untuk menentukan apakah siswa telah memenuhi standar atau tujuan pembelajaran selama periode penilaian atau program studi. Mereka menunjukkan bahwa "karena penilaian ini dilakukan setelah semua pengajaran dan pembelajaran siswa telah berakhir, mereka bersifat sumatif baik dalam desain maupun niat" (Ainsworth & Viegut, 2006, hal. 24). Karena penilaian sumatif datang pada akhir periode pembelajaran, mereka biasanya tidak menyertakan umpan balik deskriptif yang memberi tahu siswa apa yang perlu mereka lakukan untuk meningkatkan. Umpan balik hanya datang dalam bentuk nilai huruf, nilai persentase, nilai lulus/gagal, atau label seperti "melebihi standar" atau "perlu perbaikan". Jika guru memberikan komentar, siswa mungkin hanya akan fokus pada nilai akhir dan tidak menghargai umpan balik karena terlalu terlambat untuk mengubah hasilnya.
Ainsworth dan Viegut (2006) mencatat bahwa karena semua kegiatan pembelajaran yang terkait dengan standar yang ditargetkan telah menyimpulkan, "hasil penilaian sumatif tidak digunakan untuk meningkatkan pemahaman siswa untuk siswa saat ini. Sebaliknya, guru biasanya menggunakan hasil penilaian ini untuk menilai keefektifan praktik pengajaran mereka dan untuk meningkatkan instruksi dari standar tersebut untuk siswa masa depan" (hal. 24). Selain itu, sekolah dan kabupaten menggunakan hasilnya untuk menentukan program mana yang berhasil dan mana yang tidak, sehingga harus ditingkatkan atau dihilangkan di tahun mendatang. Penilaian sumatif juga memberi publik dan pembuat kebijakan gambaran tentang hasil investasi mereka dalam pendidikan dan memberi pendidik sebuah forum untuk membuktikan bahwa instruksi berhasil atau tidak.
Terjemahan dari Buku :
Balanced Assessment "From Formative to Summative" Karya Kay Burke (2010)
Comments
Post a Comment